Buah Cermai


Buah Ceremai
Nah siang yang cerah kali ini, saya akan memberikan sebuah Artikel yang berisi tentang buah Cermai, Buah Cermai atau yang memiliki Nama Latin Phyllanthus acidus  Cerme berkerabat dekat dengan pohon malaka (Phyllanthus emblica) dan meniran (P. niruri); keduanya adalah tumbuhan yang berkhasiat obat, buah ini merupakan Buah yang memiliki rasa yang asam. Coba kalian bayangkan semua kalau menggigit buah ini dengan rasa yang pertama kita rasakan gigi terasa Nyilu,kwkwk…,  kembali ke pembahasan  Buah Cermai,
Daun dari Buah cermai ini mempunyai bentuk yang Kecil-kecil dan tidak memiliki banyak ranting. Jika di Desa biasanya buah ini lebih sering di Buat untuk Manisan atau Atau manisan Kering yang kadang di Sebut Alua, nah jika di buat manisan buah ini akan terasa enak sekali, Namun siapa sangka ternyata buah Cermai ini memiliki Banyak sekali Kandungan atau Khasiat yang bisa untuk pengobatan, Nah mau tau apa saja Manfaat dari Buah Cermai ini untuk kesehatan, maka silahkan saja lihat di bawah ini.
Cerme, cereme atau ceremai adalah nama sejenis pohon dengan buahnya sekali. Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceremoi (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.
Cermai

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Malpighiales
Famili:
Phyllanthaceae
Bangsa:
Phyllantheae
Upabangsa:
Flueggeinae
Genus:
Phyllanthus
Spesies:
P. acidus
Nama binomial
Phyllanthus acidus
(
L.) Skeels.
Sinonim
Phyllanthus distichus Müll.Arg.
Cicca acida
Merr.
Cicca disticha
L.
Averrhoa acida
L.
Perdu atau pohon kecil dengan ketinggian sampai 9 m, bercabang rendah dan renggang. Sepintas, pohon cerme bukan tidak mirip dengan pohon belimbing wuluh.
Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, panjang 2-7 cm, tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip.
Bunga-bunganya berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, tersusun dalam malai hingga 12 cm. Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan menyerupai lilin, berdiameter hingga 2,5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian. Daging buah keputihan, masam dan banyak berair, di tengahnya terdapat inti yang keras dengan 4-6 butir biji.
Penyebaran
Cerme diperkirakan memiliki asal usul dari Madagaskar. Kini cerme telah menyebar ke berbagai wilayah tropis seperti di Asia Tenggara (Vietnam selatan, Laos, Indonesia dan Malaya bagian utara), kepulauan-kepulauan Mauritius, Réunion dan Rodrigues di Samudra Hindia, serta di Guam, Hawaii dan beberapa kepulauan lain di Samudra Pasifik.
Pada tahun 1793, tanaman ini dibawa ke Jamaika dari Timor; dan semenjak itu menyebar luas ke seluruh kepulauan Karibia, diikuti kemudian dengan masuknya ke Amerika Tengah dan Selatan.
Manfaat
Buah cerme sering dimakan segar dengan dicampur gula, garam atau dirujak. Cerme juga kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman penyegar. Daun mudanya digunakan sebagai lalap.
Rebusan akar cerme digunakan untuk meringankan asma dan mengobati penyakit kulit. Bahan penyamak juga dihasilkan dari kulit akarnya.
Khasiat Buah Cermai Untuk Asma
Bahan yang di Butuhkan :
  • 6 biji buah ceremai,
  • bawang merah 2 butir,
  • akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam,
  • 8 butir buah lengkeng,
Cara Membuat Obat Tradisional :
  1. dicuci lalu ditumbuk seperlunya.
  2. Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisah 1 1/2 gelas.
  3. setelah dingin disaring,
  4. diminum dengan air gula secukupnya.
  5. Sehari 2 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Manfaat Buah Cermai Untuk Kanker
Bahan Yang di Butuhkan :
  • Siapkan daun ceremai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam,
  • daun belimbing 1/3 genggam,
  • bidara upas 1/2 jari,
  • gadung cina 1/2 jari,
  • gulau enau 3 jari,
Cara Membuat Obat Dengan Cermai :
  1. dicuci lalu dipotong-potong seperlunya.
  2. Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 3/4 bagian.
  3. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum.
  4. Sehari 3 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.

Cara Melangsingkan Tubuh Dengan Buah Cermai

Minum air rebusan daun ceremai. Obat ini bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama karena efek dari kandungan daun ceremai bekerja sangat kuat. Gunakan sesekali saja.

Siapa sangka Bukan, di Balik rasanya yang asam dan Buahnya yang Kecil ternyata Oh ternyata Buah cermai juga sangat bermanfaat untuk Kesehatan tubuh kita, adalah baik jika kita selalu mencoba mencari alternatif obat alami sebelum kita mencoba perobatan moderen, Nah Sekian dahulu artikel kali ini yang membahas mengenai Manfaat buah cermai untuk Kesehatan.

Nah mungkin itu saja yang saya bisa ulaskan tentang beberapa Penyebaran dan Fanfaat buah Cermai. Yang sangat jarang sekali orang yang mau mengenal dan mau memakannya, Dan ini adalah salah satu hasil dari kekayaan alam kita. Maka dari itu tidak bosan saya mengingatkan untuk selalu menjaga dan melestarikan alam disekitar kita agar kita senantiasa dapat menikmati berbagai hasil kekayaan alam ini. Tidak harus melakukan hal besar, dengan menghindari untuk ikut mencemarinya saja anda sudah berkontribusi dalam menjaga alam di sekitar kita (setidaknya tidak ikut memperparah). Kalau bukan kita yang menjaga alam kita sendiri, siapa lagi? :) trimakasih jangan lupa meninggalkan pesan ya..

Related Posts:

4 Responses to "Buah Cermai "

  1. wah bagus sekali manfaatnya ya.. tapi klo disini sulit banget carinya ini buah....

    http://tokoonlineobat.com/obat-kanker-payudara-alami/

    BalasHapus
  2. Makasih ya atas share tentang buah cermai sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus